Orkestra
Simfonik

Gedung Konser

Carnegie Hall, New York, USA

Gedung Konser atau Concert Hall untuk menampilkan sebuah orkestra simfonik agar terdengar indah dan sempurna, tidak dapat dilakukan di sembarang tempat atau sembarang gedung konser. Sebuah gedung konser yang layak untuk menampung orkestra simfonik harus memiliki standar akustik yang baik sehingga musik yang mengalun dari tiap alat musik dapat terdengar dengan baik sekalipun tanpa menggunakan pengeras suara atau sound system apapun.

Gedung konser dengan akustik yang baik, perhitungan yang benar, terencana dan memenuhi standar, mampu memberikan volume dan membuat alunan musik lebih berkumandang (reverb). Dinamika tiap alat musik yang dimainkan, sekalipun dengan volume dan tekanan yang cukup lembut, akan tetap mampu terdengar sampai kursi terjauh sekalipun.

Aula Simfonia Jakarta

Pada beberapa negara maju, umumnya sudah memiliki beberapa gedung konser yang layak dan terawat dengan baik sehingga bisa menjadi sarana untuk menampung bakat dan kemampuan seni musik dari berbagai kalangan musisi. Hal ini meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan seni musik dalam membentuk seseorang, dan dalam perkembangan anak.

Sebuah gedung konser untuk orkestra memiliki panggung yang terletak di bagian depan ataupun bagian tengah, dan banyak kursi penonton. Untuk panggung yang berada di depan, biasanya kursi penonton akan berjajar semakin naik ke atas, hingga bertingkat ke bagian atas (mezanin dan balkon). Untuk panggung yang terletak di bagian tengah, biasanya posisi penonton berundak mengitari panggung, dengan posisi yang semakin lama semakin tinggi, termasuk lantai mezanin dan balkon.

Posisi dan penempatan tiap musisi dengan alat musik yang dipegangnya juga tidak dilakukan dengan tanpa rencana. Penyusunan posisi para musisi umumnya dengan posisi pemain biola dan cello berada di bagian depan, terdekat dengan konduktor. Disambung di bagian belakangnya dengan pemain double bass, juga para pemain woodwind dan brass seperti terompet, French Horn, Trombone dan Tuba. Lalu di Posisi paling belakang ditempatkan para pemain Perkusi (Percussion).

Untuk lebih jelasnya, dapat memperhatikan gambar susunan umum sebuah orkestra simfonik disamping kiri (klik pada gambar untuk memperbesar).