Orkestra
Simfonik

Konduktor Orkestra

Konduktor Orkestra

Conductor, atau dalam bahasa Indonesia-nya Konduktor (kadang disebut juga sebagai Dirigen), secara singkat adalah seorang pemimpin dalam sebuah orkestra. Ia adalah seseorang yang bertugas menyatukan seluruh orkestra agar harmonis dan teratur, sesuai dengan tempo, dan harus mampu mendengarkan secara teliti semua alat musik yang ada dalam sebuah orkestra.

Walaupun saat orkestra berlangsung, sang Konduktor tidak memegang alat musik manapun, tetapi ia harus memiliki pemahaman yang dalam mengenai musik dan tiap karakteristik alat musik itu sendiri. Seorang Konduktor harus peka terhadap setiap alat musik dan musisi yang membawakannya. Bahkan banyak aransemen dan musik yang dibawakan dalam sebuah orkestra, adalah hasil karya Konduktor itu sendiri, karena umumnya seorang Konduktor juga adalah Komposer (pembuat musik/Composser) yang handal.

Seorang Konduktor, berdiri di atas podium, dihadapkan dengan seluruh Music Score (berisi partitur dari semua alat musik yang dimainkan), di depan seluruh musisi yang semuanya memperhatikan gerakan isyarat sang Konduktor. Ia biasanya mengarahkan jalannya orkestra menggunakan gerakan tangan, kepala, wajah, bahkan tubuhnya. Ia juga biasanya menggunakan sebuah tongkat yang disebut sebagai Baton.

Baton Konduktor

Baton

Baton, atau tongkat konduktor memiliki wujud mirip lidi yang panjangnya tidak lebih dari 60 cm. Fungsinya adalah perpanjangan tangan dari sang Konduktor, agar para musisi dapat lebih jelas melihat gerakan sang Konduktor. Baton akan lebih dibutuhkan saat Konduktor memimpin orkestra yang cukup besar, dengan anggota di atas 50 musisi.

Baton pada umumnya terbuat dari kayu yang sangat ringan, fiberglass atau carbon fiber, yang sisi ujung pegangannya diberikan sebuah genggaman seperti bola kecil terbuat dari gabus, jenis kayu pohon ek, kenari, kadang - kadang terbuat juga dari aluminium. Seringkali Baton dibuat khusus sesuai keinginan Konduktor yang menggunakannya.

Konduktor Ternama di Indonesia

Konduktor papan atas bisa dibilang masih cukup langka, apalagi di Indonesia. Konduktor Indonesia yang cukup terkenal beberapa diantaranya adalah (diurut alfabetik) :

  • Addie M.S - Twilite Orchestra
  • Andi Rianto - Magenta Orchestra
  • Dian Hadipranowo - Dian HP Orchestra
  • Dwiki Dharmawan - World Peace Orchestra
  • Erwin Gutawa - Erwin Gutawa Orchestra
  • Oni Krisnerwinto - Sa'Unine String Orchestra
  • Purwacaraka - Purwacaraka Orchestra
  • Tya Subiakto - Tya Subiakto Orchestra