Orkestra
Simfonik

Apa itu Orkestra?

Tentang Orkestra

Orkestra merupakan gabungan dari sekelompok musisi yang bersama-sama memainkan alat musik dalam satu waktu. Umumnya musik yang dimainkan adalah musik klasik karena demikianlah sejarah dan kebudayaan awal munculnya orkestra.

Orkestra sendiri mampu memainkan berbagai repertoar seperti simfoni (klasik), overture, musik opera, ballet, dsb. Kemudian mengikuti perkembangan jaman, saat ini mulai banyak yang membawakan musik pop, musik tradisional, musik film dsb, dalam aransemen orkestra, menggunakan sejumlah alat musik orkestra.

Orkestra dengan jumlah musisi yang besar (hingga 100 pemain) bisa juga disebut sebagai “orkestra simfonik”. Banyaknya musisi yang terjun dalam sebuah orkestra ditentukan oleh musik yang dimainkan dan besarnya tempat yang digunakan.

Alat-alat Musik yang umumnya digunakan dalam orkestra adalah alat musik gesek (string), tiup (woodwind dan brass), pukul (perkusi/percussion), dan seringkali diiringi vokal, baik solo maupun grup.

Selain Orkestra Simfonik yang profesional, sebenarnya banyak ensemble amatir yang membentuk suatu orkestra, yaitu antara lain :

School Orchestra (Orkestra Sekolah)

Orkestra yang beranggotakan murid dari level SD hingga SMU (umur 6-19 tahun) yang mungkin tergabung dalam jurusan musik, atau ekstrakulikuler musik. Umumnya orkestra sekolah seperti ini dipimpin oleh guru musiknya.

Conservatory/University Orchestra (Orkestra Universitas/Sekolah musik)

Orkestra yang beranggotakan murid atau mahasiswa jurusan musik dalam sebuah universitas. Seringkali orkestra Universitas seperti ini dibuka untuk seluruh siswa di universitas tersebut, dan tidak selalu harus dari jurusan musik. Terkadang, universitas yang cukup besar bahkan memiliki lebih dari satu kelompok orkestra. Pemimpin orkestra universitas biasanya adalah dosen pengajar atau professor yang ada di jajaran akademik universitas tersebut.

Youth Orchestra (Orkestra kaum muda)

Orkestra yang beranggotakan anak-anak muda yang umumnya berumur antara 10 hingga 20 tahunan, yang terkumpul dari satu area, kota bahkan satu negara tertentu. Twilite Orhcestra dibawah arahan Addie MS membentuk Twilite Youth Orchestra pada bulan Agustus tahun 2004.

Community Orchestra (Orkestra komunitas)

Orkestra yang beranggotakan pemain amatir dari satu area atau kota. Umumnya memiliki anggota musisi amatir yang dewasa, dimana mereka berkelompok untuk memberikan penampilan ensemble untuk komunitas tertentu. Tidak ada batasan umur untuk tergabung dalam community orchestra, bahkan terkadang anak-anak sekolah yang juga tergabung di Orkestra sekolah, univesitas ataupun youth, bisa gabung dalam community orchestra juga.